BERSALAMAN SETELAH
SHALAT BERJAMA’AH
Ada lagi satu amaliyah yang
menjadi adat istiadat di kalangan warga kita yaitu mushafahah (berjabat tangan)
dengan peserta jamaah seusai shalat yakni sesudah salam. Mushafahah termasuk
salah satu prilaku yang baik dan sunah dilakukan setiap kita bertemu dengan
sesama saudara muslim, yang laki-laki bermushafahah dengan sesama laki-laki dan
yang perempuan bermushafahah dengan sesama perempuan.
Jadi walaupun tidak ada dalil
yang khusus menerangkan tentang masalah mushafahah ba’das shalah, namun secara
umum rasulullah saw menganjurkannya. Anjuran rasulullah saw ini bisa kita lihat
dalam beberapa hadits, antara lain :
1. Hadits Nabi riwayat Ibnu Ady :
تَصَافَحُوْا يَذْهَب الْغِلُّ
عَنْ قُلُوْبِكُمْ. رواه ابن عدي عن ابن عمر
Artinya :
“Bermushafahahlah kamu,
niscaya hilang perasaan dendam/hasud dari lubuk hatimu”. (HR. Ibnu Ady).
2. Hadits nabi riwayat Ahmad dan Abu Dawud
مَا مِنْ مُسْلِمَيْنِ يَلْتَقِيَانِ
فَيَتَصَافَحَانِ إِلاَّ غُفِرَ لَهُمَا قَبْلَ أَنْ يَتَفَرَّقَا. رواه أحمد وأبو
داود.
Artinya :
“Tiada dua orang sesama muslim
yang bertemu kemudian berjabatan tangan kecuali pasti mereka berdua diampuni
kesalahannya sebelum berpisah. (HR. Ahmad dan Abu Dawud).
Kemudian menanggapi masalah
dianjurkan atau tidaknya mushafahah khusus setelah shalat, ini para ulama
berbeda pendapat, sebagaimana yang ditulis oleh As-Sayyid Ba Alawi Al-Hadlrami
dalam kitabnya Bughyatul Mustarsyidin hal. 50 :
(فَائِدَةٌ) الْمُصَافَحَةُ الْمُعْتَادَةُ بَعْدَ صَلاَتَيِ الصُّبْحِ
وَالْعَصْرِ لاَ أَصْلَ لَهَا، وَذَكَرَ ابْنُ عَبْدِ السَّلاَمِ أَنَّهَا مِنَ الْبِدَعِ
الْمُبَاحَةِ، وَاسْتَحْسَنَهُ النَّوَوِيُّ، وَيَنْبَغِيْ التَّفْصِيْلُ بَيْنَ مَنْ
كَانَ مَعَهُ قَبْلَ الصَّلاَةِ فَمُبَاحَةٌ، وَمَنْ لَمْ يَكُنْ مَعَهُ فَمُسْتَحَبَّةٌ،
إِذْ هِيَ سُنَّةٌ عِنْدَ اللِّقَاءِ إِجْمَاعاً. وَقَالَ بَعْضُهُمْ: إِنَّ الْمُصَلِّيَ
كَالْغَائِبِ فَعَلَيْهِ تُسْتَحَبُّ عَقِيْبَ الْخَمْسِ مُطْلَقاً. اهـ
Artinya :
“(Faidah) berjabatan tangan
yang telah mentradisi setiap saat setelah Shubuh dan Ashar itu tidak ada dalil
khusus yang menerangkannya. Berikut ini disebutkan beberapa pendapat para ulama
kita :
1. Pendapat Syaikh Izzuddin bin Abdis Salam hal
itu bid’ah mubahah/boleh diamalkan;
2. Pendapat imam Nawawi : hal itu bid’ah
hasanah/baik untuk diamalkan;
3. Pendapat ulama yang lain : sebaiknya
ditafsil, bagi seseorang yang sudah berada di samping kita sebelum shalat,
bemushafahah dengan dia hukumnya boleh, dan bagi seseorang yang sebelum shalat
belum ada di samping kita, bermushafahah hukumnya sunnah, karena ulama telah
ijma’ (sepakat) bahwa mushafahah ketika bertemu itu hukumnya sunnah;
4. Pendapat lain : hukum seseorang yang shalat
itu diqiayaskan dengan orang yang sedang ghaib/tidak berada di tempat (karena
sedang bersafari rohani). Maka menurut pendapat ini sunnat hukumnya/bukan
bid’ah bermushafahah setelah jamaah shalat lima waktu secara mutlak.
Nah, setelah kita simak
beberapa pendapat para ulama lengkap dengan argumentasinya, jadi jelas bagi
kita bahwa berdasarkan dalil qiyas, mushafahah setelah shalat itu sunnah
hukukmnya (bukan bid’ah), karena –sebagaimana kita ketahui- warga NU adalah
penganut Islam Ahlissunnah wal jamaah yang berpedoman pada kitabullah,
(Al-Qur’an), hadits, ijma’ul ulama dan qiyasul fuqaha’.
حكم المصافحة بعد صلاة
الفريضة والنافلة
الأصل
في المصافحة عند اللقاء بين المسلمين شرعيتها، وقد كان النبي صلى الله عليه وسلم يصافح
أصحابه رضي الله عنهم إذا لقيهم وكانوا إذا تلاقوا تصافحوا. قال أنس رضي الله عنه والشعبي
رحمه الله: (كان أصحاب النبي صلى الله عليه وسلم إذا تلاقوا تصافحوا وإذا قدموا من
سفر تعانقوا)، وثبت في الصحيحين أن طلحة بن عبيد الله - أحد العشرة المبشرين بالجنة
رضي الله عنهم - قام من حلقة النبي صلى الله عليه وسلم في مسجده عليه الصلاة والسلام
إلى كعب بن مالك رضي الله عنه لما تاب الله عليه فصافحه وهنأه بالتوبة وهذا أمر مشهور
بين المسلمين في عهد النبي صلى الله عليه وسلم وبعده، وثبت عنه صلى الله عليه وسلم
أنه قال: ((ما من مسلمين يتلاقيان فيتصافحان إلا تحاتت عنهما ذنوبهما كما يتحات عن
الشجرة ورقها))، ويستحب التصافح عند اللقاء في المسجد أو في الصف وإذا لم يتصافحا قبل
الصلاة تصافحا بعدها تحقيقا لهذه السنة العظيمة. ولما في ذلك من تثبيت المودة وإزالة
الشحناء. لكن إذا لم يصافحه قبل الفريضة شرع له أن يصافحه بعدها بعد الذكر المشروع.
أما ما يفعله بعض الناس من المبادرة بالمصافحة بعد الفريضة من حين يسلم التسليمة الثانية
فلا أعلم له أصلا بل الأظهر كراهة ذلك لعدم الدليل عليه. ولأن المصلي مشروع له في هذه
الحال أن يبادر بالأذكار الشرعية التي كان يفعلها النبي صلى الله عليه وسلم بعد السلام
من صلاة الفريضة. وأما صلاة النافلة فيشرع المصافحة بعد السلام منها إذا لم يتصافحا
قبل الدخول فيها. فإن تصافحا قبل ذلك كفى.
Komentar